Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

Minggu, 10 November 2013

Apakah yang menunjang kesuksesan?

Apakah yang menunjang kesuksesan sesungguhnya? apakah IQ, EQ, atau SQ??? ini menjadi pertanyaan menarik untuk dibahas. Terkadang orang banyak berdebat tentang hal ini, kubu A memilih IQlah yang menentukan orang sukses atau tidaknya, kubu B menjawab EQ itu lebih penting dan besar peranannya dalam menunjang kesuksesan, kubu C berkata SQlah yang berpengaruh besar daripada IQ maupun EQ. Hayo kawan sendiri setuju yang mana kubu A, kubu B, atau kubu C???


Kebanyakan orang keliru tentang hal ini, Saya yakin pasti kawan-kawan menyatakan yang paling penting itu EQ dan SQ. Ya saya tahu alasannya, kawan-kawan pasti pernah mendengar guru yang berkata seperti itu. Tapi apakah memang demikian? Coba pilih mana yang mau anda rekrut jadi manajer perusahaan anda, seseorang yang EQ dan SQ mantap dan IQ standar atau seseorang yang IQ tinggi dan EQ dan SQ biasa saja, hayo pilih yang mana? Saya yakin jika anda pikir matang-matang tentu pilihan kedua yang anda pilih. Artinya apa IQpun nggak kalah penting lho........
  
Nah, sebenarnya apa sih yang menunjang kesuksesan itu? Sebenarnya yang paling menunjang kesuksesan ialah MOTIVASI. Jika motivasi kita besar dan kuat, lewat apa saja pun kita bisa sukses, baik IQ, EQ, atau SQ. Nah, maka dari itu kuatin dulu motivasinya, baru tingkatkan kualitas IQ, EQ, dan SQ. 

Kalau kita amati, remaja sekarang itu lemah sekali motivasinya. Kebanyakan remaja sekarang tuh motivasinya hanyalah sebuah cita-cita tertentu, ya karena kebanyakan remaja berpikir bahwa motivasi itu tidak lain dan tidak bukan adalah cita-cita, sederhana memang tapi tak sesederhana itu. 

Yang harus diperhatikan adalah bahwa pertama motivasi itu membuat hati kita damai, kedua motivasi itu membuat diri kita semangat dan bergairah, ketiga motivasi itu mendorong dan menarik kita pada impian kita.

Permasalahannya adalah kita kurang mendapatkan motivasi dari orang lain. Guru saja sudah jarang yang memeberikan motivasi-motivasi tertentu, sehingga banyak muridnya yang loyo dalam belajar. Mengapa bisa loyo? karena kita menjadi terpaksa belajar, kalau motivasi kita baik, kita tidak akan merasakan yang namanya terpaksa belajar. So, intinya adalah meningkatkan motivasi dalam diri kita, bagaimana caranya?

Saya sarankan kepada teman-teman tontonlah acara TV Mario Teguh Golden Ways (MTGW) di channel Metro TV setiap hari minggu jam 7 malam. MTGW tidak hanya memotivasi tapi memberikan pencerahan dalam pemikiran, salut buat Pak Mario. Salamnya saja "salam super!" Jika anda ditanya apa kabar? apa jawab anda? saya yakin jawab anda "baik", padahal baik itu tidak cukup, kalau lebih baik masih mungkin, jangan pernah puas dengan baik kalau kita masih berhak untuk sesuatu yang lebih baik, jadi lain kali kalau ada orang menyapa apa kabar jawabannya "super!"

Selain itu kawan juga bisa banyak baca-baca buku yang menginspirasi dan membuat kita semangat tentunya. Karena motivasi itu penting, maka dari itulah saya memasang kata-kata motivasi pada slide blog ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ingin memasukkan emoticon pada komentar.
> Spasi dulu
> Klik emotnya
> Ctrl + C (copy)
> Crtl + V (paste) pada kolom komentar
> Spasi

 

SMAN 2 Kuningan

SMAN 2 Kuningan

Apakah tampilan blog ini sudah menarik?

Pengunjung Ke

Tut Wuri Handayani